Kapan 1 Muharram 1433 Hijriyah Dimulai?

Posted: November 26, 2011 in INFO BERITA
Tags:

Beberapa hari lagi tahun Hijriyah 1432 akan segera berakhir. Kaum muslimin akan segera memasuki Tahun Baru Islam 1433 H. Bagi yang di Indonesia, sesuai dengan kalender 2011, terlihat bahwa 1 Muharram 1433 H jatuh pada hari Ahad, 27 November 2011. Tetapi jika kita lihat lebih rinci lagi, maka sebenarnya di Indonesia terjadi perbedaan jika mereka yang berbeda pendapat pada Idul Fitri 1432 H silam tetap memberlakukan kriteria masing-masing untuk menentukan kalender islam.

Informasi Terlihatnya Hilal (Bulan Sabit) Secara Global

Berikut adalah gambar peta kemungkinan bulan sabit penanda masuknya bulan qomariyah atau hijriyah bisa dilihat. Peta visibilitas hilal (imkanur rukyat) ini untuk saat terbenam matahari pada hari Jum’at, 25 November 2011.

Peta Bulan Sabit Awal Muharram 1432 HijriyahPeta Bulan Sabit Penanda Masuknya 1 Muharram 1433 Hijriyah, Tahun Baru Islam. Dari Rukyatul Hilal Indonesia.

Dari peta di atas terlihat bahwa Bulan Sabit (Hilal) penanda masuknya 1 Muharram 1433 Hijriyah pertama kali bisa dilihat di wilayah selatan Afrika. Bagi mereka yang mengikuti kaidah rukyatul hilal global, maka 1 Muharram 1433 H jatuh pada Sabtu, 26 November 2011. Bagi mereka yang mengikuti rukyatul hilal lokal, seperti kalangan NU di Indonesia, maka sebenarnya bulan sabit tak akan bisa dilihat di Indonesia pada Jum’at petang tersebut. Jadi tahun baru islam 1433 H jatuh pada hari Ahad, 27 November 2011 sebagaimana tercantum di dalam kalender. Bagi kalangan Muhammadiyah, yang mengacu pada kriteria wujudul hilal, maka terlihat bahwa di wilayah Indonesia, bulan sudah berada di atas ufuk ketika matahari tenggelam pada hari Jum’at tersebut. Artinya menurut kaidah ini, Sabtu, 26 November 2011 adalah 1 Muharram 1433 H.

Untuk mereka yang mengikuti kalender Ummul Qura, Arab Saudi maka di wilayah Mekah pun bulan sudah berada di atas ufuk saat terbenam. Jadi kalender tersebut menetapkan Tahun Baru Islam 1433 H pada Sabtu, 26 November 2011. Meskipun demikian bulan sabit ini, sesuai kriteria imkanur rukyat, belum akan bisa dilihat dengan mata.

Demikian sekedar informasi tentang posisi bulan dan kemungkinan bisa dilihatnya bulan sabit penanda awal Muharram 1433 H. Semoga bermanfaat dan kami ucapkan:

Selamat Menyambut Tahun Baru Islam 1433 H

sumber : http://blog.al-habib.info/id/kapan-1-muharram-1433-hijriyah-dimulai

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s