Adu 3 Ponsel Android 1,5 jutaan

Posted: June 18, 2011 in INFO HANDPHONE
Tags: ,

Android makin berjaya, apalagi para vendor besar juga menyiapkan amunisi ‘pembunuh’ berupa ponsel berkemampuan oke dengan harga yang terjangkau. Karena itu PULSA berharap compare kali ini bisa membantu Anda yang sedang bingung menentukan pilihan ponsel di segmen ini.

Start Up
Huawei IDEOS AHA Touch1 menit 2 detik

LG Optimus ME 42 detik

Samsung Galaxy Mini 33 detik

Hasil yang didapat kadang bervariasi, namun tetap saja start up Huawei AHA Touch ini yang paling membuat PULSA lama menunggu.Bukan merupakan yang tercepat, namun juga bukan yang terlambat. LG Optimus ME mampu booting di kisaran 40-an detik saja, membuatnya berada di tengah-tengah. Galaxy Mini menjadi yang tercepat sehingga bisa diandalkan pada saat Anda membutuhkannya dengan segera dari keadaan ponsel mati.

Benchmark
Huawei IDEOS AHA Touch

LG Optimus ME

Samsung Galaxy Mini 

Error: This device does not support stencil buffers. A full benchmark cannot be executed. Poin 536, di bawah Samsung Galaxy S dan di atas Nexus One Poin 550, di bawah Samsung Galaxy S dan di atas Nexus One

Sayang, spesifikasi AHA Touch tidak mendukung pengujian penuh benchmark sehingga kita tidak dapat melihat perbandingannya di sini.Poin yang didapat LG atas pengujian benchmark memang tidak terpaut jauh dengan Samsung, alias hanya kalah tipis.Samsung kembali keluar sebagai pemenang dengan raihan poin benchmark tertinggi dalam tes ini.
Browsing
Browsing menggunakan WiFi dan jaringan AHA
Browsing Optimus ME menggunakan WiFi dan jaringan Telkomsel

Browsing Galaxy Mini menggunakan WiFi dan jaringan Tri

Menggunakan WiFi, kecepatan AHA Touch justru sedikit tertinggal di belakang LG dan Samsung, walau hasil rata-rata ketiganya bisa dikatakan seimbang. Nah, ketika menjelajah dengan jaringan AHA, kecepatannya mampu mengalahkan yang lain, baik dalam membuka video maupun situs mobile m.kaskus.us yang PULSA uji.

Browsing menggunakan WiFi mampu berjalan sangat cepat, sedangkan menggunakan Telkomsel Flash, membuka situs tabloidpulsa.co.id gagal ketika pertama kali dicoba, dan baru berhasil setelah di-Refresh. Ketika dilanjutkan untuk membuka YouTube, kecepatannya juga terbilang sangat kurang dalam memainkan video.Karakteristiknya hampir sama dengan LG, mampu bermanuver dengan cepat saat digunakan browsing menggunakan WiFi, dan kecepatannya menjadi jauh berkurang dengan sinyal 3G/HSDPA milik Tri. Namun setidaknya saat dicoba bersamaan membuka situs m.kaskus.us, Samsung berhasil membukanya.

Unduh & Instalasi
Huawei IDEOS AHA Touch 1 menit 29 detik

LG Optimus ME   1 menit 26 detik

Samsung Galaxy Mini 1 menit 43 detik

Sejak PULSA menyentuh ikon OK pada opsi unduh di Market hingga sukses terpasang, waktu yang dibutuhkan adalah 1 menit 29 detik, merupakan hasil yang berada di tengah-tengah. File yang diunduh adalah permainan Angry Birds Rio. Demi mencapai rasa keadilan, semua proses dilakukan menggunakan jaringan WiFi yang sama secara bergantian. LG Optimus ME ternyata mampu mengunduh sekaligus menginstal Angry Birds Rio paling cepat, sehingga Anda yang tak sabar ingin memainkannya tak perlu menunggu lebih lama. Awalnya Samsung menjadi yang tercepat  karena mampu mengunduh serta menginstal Angry Birds Rio dalam waktu 38 detik saja. Namun ini bisa jadi disebabkan karena PULSA telah menginstal game ini sebelumnya, lalu menghapusnya sebelum tes dimulai. Akhirnya PULSA memutuskan untuk mengulangi proses ini dengan mengunduh Angry Birds Season (Easter). Hasilnya, Samsung di posisi buncit.
Kamera
Huawei IDEOS AHA Touch indoor, 2048×1536 piksel

LG Optimus ME indoor, 2048×1536 piksel, 482KB

Samsung Galaxy Mini indoor, 2048×1536 piksel, 1.22 MB

Hasil kamera pada AHA Touch merupakan yang paling lemah di sini, selain yang mempunyai ukuran file terkecil pula. Gambar yang dihasilkan terlalu kekuningan, juga terlihat kasar terutama di beberapa bagian gelap. Kebalikan dari AHA Touch, Optimus ME memiliki hasil kamera yang agak pucat, meski PULSA menilainya sedikit lebih baik ketimbang AHA Touch. Ukuran filenya juga tidak berbeda jauh.Selain tajam, White Balance Samsung bekerja dengan baik pada foto ini. Meski begitu, Anda harus menyediakan tempat besar karena sebuah foto saja memiliki besaran file lebih dari 1MB.

Kesimpulan
Perolehan Bintang & Rata-rata:
Huawei IDEOS AHA Touch 16 Rata-rata 4
LG Optimus ME 20.5 Rata-rata 4.1
Samsung Galaxy Mini 22.5 Rata-rata 4.5
Karena AHA Touch kehilangan satu poin, maka perlu bagi PULSA mencari nilai rata-rata dari poin yang diperoleh. Samsung Galaxy Mini terbukti merupakan ponsel Android bestbuy dengan performa yang di atas rata-rata, disusul oleh LG Optimus ME. Namun begitu kehadiran Huawei IDEOS AHA Touch juga patut diperhitungkan, terutama bagi mereka yang mengutamakan kecepatan dalam berinternet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s