Karena Berjilbab, FIFA Skors Tim Sepak Bola Wanita Iran

Posted: June 21, 2011 in INFO BERITA
Tags: ,

warnaislam.com — Fédération Internationale de Football Association (FIFA) menskors tim sepak bola wanita Iran karena para pemainnya berjilbab. Dengan skorsing itu, tim sepak bola wanita Iran berpeluang kecil bisa mengikuti Olimpiade London 2012.

Menurut organisasi sepakbola dunia tersebut, pakaian pertandingan mereka (jilbab) menyalahi peraturan yang ada.

Para pebola perempuan Iran mengenakan pakaian training yang menutupi lengan dan kaki serta penutup kepala. Pekan lalu, pada babak kualifikasi melawan tim Yordania, sesaat sebelum dimulai, FIFA turun tangan. Pertandingan dibatalkan dan otomatis Iran dinyatakan kalah 0-3.

Persatuan sepakbola Iran mengajukan gugatan kepada FIFA. Pihak FIFA sendiri marah dan heran karena menurut seorang jurubicara, Ketua FIFA Sepp Blatter telah menyetujui pakaian tersebut.

Tahun lalu, Iran juga diskors oleh FIFA sesudah silang pendapat mengenai pakaian yang dikenakan. Waktu itu pakaian disesuaikan dan masalah tampaknya selesai ketika Blatter memberi izin.

Peraturan FIFA mewajibkan olahragawan mengenakan pakaian yang tidak memuat pesan politik dan keagamaan. Menurut Blatter, pakaian yang telah disesuaikan itu tidak lagi bermasalah.

Jurubicara persatuan sepakbola Iran berpendapat bahwa saat ini sulit bagi tim wanitanya untuk mengejar ketinggalan supaya dapat ke London. Bahkan, bila skorsing itu dicabut, pertandingan dengan Yordania tidak akan digelar lagi.

Sikap timnas Iran yang bersujud di lapangan dengan linangan air mata membuat para anggota timnas putri Yordania dan penonton terharu. Mereka mendukung dan bertepuk tangan mengiringi kepergian para anggota timnas putri Iran meninggalkan lapangan.

Peristiwa tersebut mendapat sorotan luas dari media massa Barat termasuk BBC, New York Times, Xinhua, dan bahkan Times of India. Dalam berbagai laporan disebutkan, “Timnas sepakbola putri Iran, dilarang mengikuti pertandingan seleksi Olimpiade 2012 London karena mengenakan kostum islami.”

Ketua Federasi Sebakbola Iran, Ali Kaffashian, menyatakan pihaknya akan mengadukan panitia penyelenggara pertandingan tersebut kepada FIFA. Kaffashian menegaskan, Iran sebelumnya telah mendapat persetujuan dari ketua FIFA agar para pemain sepakbola putri Iran dapat tampil dengan mengenakan kostum yang tetap menjaga nilai-nilai Islam. (Mel/IRIB/Radio Nederland).*

sumber: http://www.warnaislam.com/berita/dunia/2011/6/7/37680/Karena_Berjilbab_FIFA_Skors_Tim_Sepak_Bola_Wanita_Iran.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s