Trik Menambahkan Folder Tujuan Send to pada Windows

Posted: June 23, 2011 in INFO TECHNICIAN
Tags:

Dalam pemakaian komputer sehari-hari sering kali kita memindahkan atau meng-copy suatu file dari satu folder ke folder lainnya. Cara yang sering kita gunakan untuk melakukannya adalah dengan menggunakan klik kanan pada file yang ingin dipindahkan lalu klik Copy (atau Ctrl + C) atau Cut (atau Ctrl + X), lalu klik kanan dan memilih Paste (atau Ctrl + V) pada folder tempat tujuan.

Cara tersebut memang sudah lumrah dan memang efektif karena mudah dan cepat. Tapi kalau ada cara yang lebih cepat kenapa tidak kita coba gunakan? Bagaimanakah caranya? Caranya adalah menggunakan fasilitas Send to. Tahu Send to kan, salah satu pilihan yang juga ada saat kita mengklik kanan file pada Windows Explorer.

Memang banyak orang  yang sudah sering menggunakannya, tapi hanya saat memindahkan file ke dalam flashdisk atau ke desktop untuk membuat shortcut saja. Padahal jelas cara tersebut lebih cepat tapi kenapa tidak banyak yang menggunakannya? Jawabannya adalah karena secara default, folder tujuan fasilitas Send to yang disediakan sangat sedikit. Lihat gambar berikut ini:

SendTo Default

Yah pantas saja jarang digunakan, cuma ada sedikit pilihannya. Tapi sebenarnya kita dapat menambahkan pilihannya dan caranya sangat mudah. Tahan Shift sambil menekan klik kanan pada file yang ingin dipindahkan. Sekarang coba lihat lagi, hasilnya kurang lebih akan seperti ini:

SendTo Shift

Jadi banyak! Jika Anda sering memindahkan file ke bagian luar drive atau daerah My Documents dan menggunakan tempat-tempat tersebut sebagai ‘gudang’, cara ini tentunya sangat bermanfaat. Masih kurang juga?

Pada Address Bar di Windows Explorer, tuliskan shell:sendto, otomatis Anda akan masuk ke dalam folder Send to. Nah silakan copy shortcut folder apapun yang Anda inginkan, shortcut folder yang ditaruh di sini akan muncul pada menu Send to saat klik kanan file. Contohnya saya memasukkan shortcut folder bernama !unsorted ke dalam folder Send to ini:

SendTo Add

Dan hasilnya pilihan di menu Send to akan bertambah menjadi seperti ini:

Send To Result

Jadi kesimpulannya, cara ini dapat sangat bermanfaat bila Anda memiliki beberapa folder yang cukup sering menjadi tempat tujuan pindahan file, misalkan seperti gudang sementara untuk file-file baru, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat!

sumber : http://blog.jasait.com/windows/trik-menambahkan-folder-tujuan-send-to-pada-windows

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s