Fakta Singkat: Konsekuensi Keuangan AS Akibat Serangan 911

Posted: September 10, 2011 in INFO BERITA
Tags:
from Al Khilafah by ﻨﻮﺭ ﺳﯿﺴـﻮﺍ ﻨﻄﺎ

Sepuluh tahun setelah serangan 9/11 di Amerika Serikat, Amerika masih harus membayar untuk apa yang para pejabat AS namakan “Perang Melawan Teror.” Kebijakan perang AS di Afghanistan, Irak dan Pakistan yang telah menelan biaya triliunan dolar pembayar pajak Amerika sejak tahun 2001.
Biaya langsung dari serangan 9/11:

  • World Trade Center dan gedung-gedung yang berdekatannya telah diasuransikan sebesar 4 miliar dolar.
  • Kerusakan Pentagon akibat serangan menelan biaya perbaikan miliaran dolar.
  • Keempat pesawat yang konon melakukan serangan, senilai antara 50 juta dolar hingga 100 juta dolar.
  • Perkiraan asuransi atas kerugian yang dicatat atas barang dan jasa yang tidak diberikan selama beberapa hari setelah serangan mencapai total 10 miliar dolar.
  • Perkiraan total biaya keseluruhan asuransi untuk New York akibat serangan menelan biaya antara 25 miliar hingga 30 miliar dolar.

Biaya “Perang Melawan Teror” bagi AS:

Menurut penelitian proyek bulan Juni 2011 terkait “Biaya Perang” yang dilakukan oleh Brown University Watson Institut Studi Internasional, tagihan akhir dari tiga perang AS di Afghanistan Irak, dan Pakistan akan mencapai setidaknya 3.7 triliun dolar dan bisa meningkat hingga 44 triliun dolar. Perkiraan itu tidak termasuk setidaknya 1 triliun dolar lebih dalam pembayaran bunga miliaran dolasr yang jatuh tempo dan banyak lagi beban yang tidak dapat dihitung, menurut penelitian ini.

Menurut sebuah laporan investigasi tahun 2010 oleh Washington Post, anggaran intelijen AS sangat tinggi, yang diumumkan pada tahun 2009 saja 75 miliar dolar, lebih besar 21 kali pada 10 September, 2001. Tetapi angka itu belum termasuk kegiatan militer atau program kontraterorisme domestik.

Belanja pertahanan AS meningkat sebesar 2,8 persen pada tahun 2010 menjadi 98 miliar dolar, setelah rata-rata pertumbuhan meningkat 7,4 persen antara 2001 hingga 2009.(fq/prtv/eramuslim)

sumber : http:www.al-khilafah.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s