Banten: Sekolah Roboh, 1 Siswa Tewas. Salah siapa?

Posted: October 14, 2011 in INFO RENUNGAN
Tags: ,

Kamis, 06 Oktober 2011

Posted by iswandi arkan al banna on 08:18
 
Satu lagi tragedi di dunia pendidikan kita, awal pekan ini sebuah bangunan Madrasah Diniyah (setingkat SD)  di Desa Cidikit, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten roboh. 
Mari kita bayangkan peristiwa mengenaskan ini,Saat kejadian, di dalam bangunan yang ambruk ada dua orang guru dan 48 siswa yang sedang mengikuti ujian tengah semester. Tragisnya seorang siswa tewas seketika akibat tergencet reruntuhan. Selamat jalan Dik Sukniyah yang baru berusia 9 tahun. Semoga Alloh memberikan tempat yang lebih baik ya!
Kepala Desa Cidikit, diduga tiang penyangga gedung rapuh yang tidak kuat menahan beban. Hebatnya, bangunan sekolah ini merupakan swadaya masyarakat. Padahal, kewajiban memiliki ijazah diniyah bagi murid sekolah dasar yang akan melanjutkan ke SMP telah diatur dalam perda. Namun, kewajiban itu tidak diiringi dengan penyediaan sarana yang memadai.
Sungguh sebuah ironi. Anggaran pendidikan di Banten ternyata sangat kecil. Padahal pemerintah Provinsi Banten menerima dana hibah sangat besar. Namun menurut pemantauan Indonesia Corruption Watch, dana hibah itu diduga telah diselewengkan. Setidaknya ada 10 lembaga penerima hibah yang setelah ditelusuri ternyata fiktif.
Berikut Video Berita/Reportase nya:

videonya :

Menurut radarbanten, Kampung Tambleg, Desa Cidikit, merupakan desa yang terisolasi. Jauhnya sekira 5 kilometer dari Jalan Raya Bayah–Cikotok. Untuk sampai ke tersebut hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Jalanan berbatu dan berbukit di wilayah Cidikit yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Cilograng. Di Kampung Tambleg tersebut belum ada penerangan listrik sehingga masyarakat masih menggunakan cempor untuk penerangan pada malam hari. Jarak ke kantor kecamatan sekitar 15 kilometer dan bisa dijangkau selama dua jam perjalanan dengan sepeda motor.

Semoga kejadian ini tidak berulang, diharapkan pemimpin Banten 1 dan jajarannya lebih open-minded memikirkan pendidikan di tanah Banten lebih mendalam dan serius. Coba bayangkan kalau tragedi ini menimpa keluarga Anda? Masihkah kita berdiam diri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s