Laptop Mati Total, Inilah Solusinya

Posted: December 10, 2011 in INFO TECHNICIAN
Tags: ,

Laptop Mati Total dan ketika Laptop dihidupkan, tidak ada reaksi sama sekali. Lampu indikator mati, semuanya mati. Kerusakan laptop mati total sebenarnya jauh lebih mudah dideteksi letak masalahnya dari pada laptop mati secara random. Jika laptop mati secara random kadang menjengkelkan dan membuat stress.

Jika laptop mati total, maka seperti biasanya kita akan mulai memeriksa dari awal yaitu mupai dari power adapter laptop. Apakah ada aliran listrik yang masuk ke Adapter laptop?

Untuk kasus di atas, inilah beberapa kemungkinannya :

  1. Power adapter rusak
  2. Memory utama rusak, tidak tepat pada kedudukannya.
  3. Processor rusak
  4. Maiboard rusak

Jika demikian, untuk laptop mati total ini apa solusinya? Lakukan tips memperbaiki laptop berikut ini;

  1. Bila lampu indikator pada laptop mati, periksa kabel adapter, kondisi kabel power, stavol atau UPS dengan cara mengetes menggunakan multimeter. Pastikan sebelumnya bahwa ada aliran listrik dan normal tegangannya. Jika tidak ada aliran listrik maka laptop akan mati total
  2. Selanjutnya perhatikan kinerja power adapter. Jika power adapter sudah nyala dan laptop masih mati,  kemungkinan kerusakan pada saklar on/off laptop sangat kecil, namun tidak ada salahnya periksa juga tombol tersebut. Jika tidak ada masalah, maka   kemungkinan lain yaitu pada Mainboard laptop.
  3. Coba anda lepas kabel power adapter kemudian pasang kembali dan coba hidupkan laptop. Apakah ada perubahan? Kada terjadi bahwa socket DC longgar sehingga tidak ada listrik masuk ke laptop.
  4. Selanjutnya lepaskan adapter dan gunakan batterei saja. Jika dengan menggunakan battery laptop nyala maka dipastikan kerusakan pada bagian power adapter. Segera perbaiki adapter laptop.
  5. Lanjutkan dengan memeriksa mainboard. Coba periksa kemungkinan pemasangan komponen yang kurang benar, terutama komponen SIMM RAM dan mikroprosesor. Bila perlu bisa mencoba mengganti memori untuk sementara agar memastikan bahwa kerusakan ada pada mainboard atau bukan.

Dalam kasus laptop mati totaltetapi lampu indikator nyala, maka kemungkinan yang lain adalah memori ada mainboard yang harus diperiksa kedudukannya. Untuk yang ini akan dibahas pada artikel mendatang.

sumber : http://agussale.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s