Apple meluncurkan “new iPad”

Posted: March 14, 2012 in INFO TECHNOLOGY
Tags:

iPad

Apple secara resmi telah memperkenalkan generasi ketiga iPad alias iPad 2 killer yang disebut “iPad”. Ya, Apple tidak bercanda. Tablet generasi terbaru dari Apple disebut iPad, bukan “iPad 3″ atau “iPad HD” seperti yang sudah diberitakan sebelumnya.

Mungkin Anda berpikir kalau mungkin Apple sudah sudah tidak punya ide lagi untuk menamai produknya. Dari iPad ke iPad 2 lalu ke iPad lagi? Yup, ini tidak aneh. Pola penamaan ini mirip dengan “iPod touch” yang juga disederhanakan, kalau tidak percaya langsung saja cek di situs web Apple, Anda tidak akan menemukan iPod touch 3G atau iPod touch 4G karena yang ada hanyalah “iPod touch” saja. Bingung membedakan iPad yang baru dengan yang lama? Sebut saja dengan “iPad 3G” atau iPad generasi ketiga, mudah bukan?

Apa yang terbaru dari iPad ? Mari kita cek sama-sama.

Retina Display

iPad Retina Display

iPad Retina Display

Seperti yang diharapkan, iPad generasi terbaru akan diperkuat dengan layar resolusi tinggi yang dikenal dengan Retina Display. iPad terbaru ini memberikan resolusi empat kali lipat dari iPad sebelumnya yaitu 2048 x 1536 sama seperti yang diberitakan sebelumnya.

Philip Schiller:

“The new iPad now has the highest resolution display ever seen on a mobile device with 3.1 million pixels, delivering razor sharp text and unbelievable detail in photos and videos.”

iPad Display
iPad terbaru memiliki resolusi layar 2048 x 1536 dengan 264 pixels per inch (ppi) sudah layak disebut sebagai Retina Display, walaupun berbeda dengan iPhone 4/4S yang memiliki layar 326 ppi. Alasannya adalah iPhone biasanya dipegang dan dipandang dari jarak 10 inci, sedangkan iPad biasanya dari jarak 15 inci. Dari jarak seperti itu sudah membuat mata manusia tidak bisa lagi membedakan setiap pixel gambar.

Chip A5X

iPad A5X

Untuk mendukung Retina Display dan performa grafik yang ditingkatkan, Apple memperkuat iPad terbaru dengan chip A5X quad-core. Menurut Apple, chip A5X ini memiliki performa empat kali lebih baik daripada NIVIDIA Tegra 3.

With double the graphics performance of the A5 chip, the A5X provides a superb balance between performance and power efficiency so users can enjoy all the benefits of the stunning new display while experiencing a smooth Multi-Touch™ interface, immersive gameplay, incredible visual depth and all-day battery life that iPad is known for delivering.

Kamera 5 megapixel

iPad iSight

Kamera utama (belakang) ditingkatkan menjadi 5 megapixel, memiliki fitur optik yang sama dengan iPhone 4S. Mampu merekam video hingga resolusi 1080p.

iPad Camera

Fitur utama dari kamera yaitu; auto fokus, auto exposure, auto face detection, dan IR filter.

4G LTE

iPad 4G LTE

Rumor yang beredar bahwa iPad generasi terbaru akan mendukung jaringan LTE memang benar, iPad terbaru akan mendukung LTE (4G) dan juga 3G. Secara teori kecepatan dari DC-HSDPA adalah 42 Mbps, 21.1 Mbps pada HSPA+ dan 73 Mbps pada LTE. Sayangnya jaringan 4G ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di Amerika saja :( .

Dictation

iPad dictation

Belum ada Siri untuk iPad terbaru. Dengan didukung dengan fitur dictation (pendikte), tanpa perlu mengetik di keyboard, Anda cukup menggunakan suara Anda sendiri untuk menulis. Tinggal tap pada ikon mic, lalu katakan apapun yang Anda ingin katakan, iPad akan mendengarnya lalu mengkonversinya menjadi teks. Fitur dictation ini bisa digunakan untuk menulis pesan, catatan (notes), pencarian di web, dan lainnya. Dictation juga bekerja pada aplikasi pihak ketiga, misalnya pada Facebook, Twitter dan Instagram.

iOS 5.1

iPad iOS 5.1

Sesuai dengan kebiasaan Apple, setiap ada peluncuran produk (hardware) baru biasanya diikuti dengan perilisan iOS terbaru. iPad terbaru akan dirilis dengan iOS 5.1, sedangkan untuk updatenya sudah bisa didapatkan hari ini juga (cool).

Baterai

iPad battery
Walaupun ketahanan baterai tergantung pada pengaturan perangkat, lama penggunaan dan lain-lainnya, tetapi Apple menjamin bahwa daya tahan baterai iPad terbaru masih tetap seperti yang dulu yaitu 10 jam.

Harga?

iPad price

Ini dia nih yang paling ditunggu-tunggu :D

iPad 2G

  • Wi-fi: $399 – 16GB
  • Wi-fi + 3G: $529 – 16GB

new iPad
Wi-fi:

  • $499 – 16GB
  • $599 – 32GB
  • $699 – 64GB

Wi-Fi + 4G:

  • $629 – 16GB
  • $729 – 32GB
  • $829 – 64GB

iPad

Sumber:
[Engadget]

Comments
  1. harga laptop says:

    Katanya ipad 3 memang banyak kekurangannya, banyak yang komplain terutama masalah baterai, semoga saja apple secepatnya bisa menanggulangi hal ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s