Cara Meningkatkan Resolusi Layar Netbook

Posted: July 16, 2012 in INFO TECHNICIAN
Tags:

 

Netbook kadang memiliki resolusi layar yang terbatas biasanya hanya memiliki resolusi (lebar layar) 1024 x 600, namun ada juga sebagian memiliki resolusi lebih. Dengan layar monitor yang memiliki ukuran kecil, hal ini membuat beberapa program atau aplikasi hanya menampilkan jendela yang tidak tampil seluruhnya (full) namun ada sebagian yang tidak terlihat di layar. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu kita ganti pengaturan default dari Windows 7 yaitu melalui Registry Editornya agar bisa meningkatkan resolusi layar netbook atau menambah resolusi.

Cara meningkatkan resolusi atau melebarkan layar netbook (tampilan) melalui Regedit (Registry Editor) adalah dengan mengganti parameter yang telah tersedia di Windows 7 yang terpasang di Netbook Anda. Caranya adalah:

  • Buka Regedit (Registry Editor) dengan cara menekan tombol Windows pada keyboard (ada gambar bendera Windows) dengan menekan tombol R keyboard. Selanjutnya akan muncul kolom pencarian, silakan ketik regedit pada kolom tersebut, berikutnya tekan tombol “OK”.
  • Jendela Registry Editor akan tampil, selanjutnya silakan cari Display1_DownScalingSupported dengan cara menekan tombol Ctrl + F pada jendela Regedit tadi, selanjutnya ketik Display1_DownScalingSupported, nanti proses pencarian akan berjalan secara otomatis. Jika tidak ditemukan, ulangi pencarian ke arah atas dan ke bawah kembali. Lokasi DWORD tersebut biasanya terletak di path:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\Class\{4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}000.
  • Setelah ditemukan, silakan modifikasi value datanya menjadi 1 yang sebelumnya 0.
  • Jika telah selesai, silakan restart Netbook Anda, dan lakukan penggantian resolusi layar melalui menu Resolusi Layar yang ada di menu klik kanan pada Desktop Anda. Sekarang kita dapat mengganti resolusi ke angka yang lebih tinggi, sehingga semua jendela program atau aplikasi yang kita jalankan dapat terbuka/tampil semuanya di layar monitor netbook anda.

Demikian cara meningkatkan resolusi netbook di Windows 7 atau melebarkan layar netbook atau menambah ukuran resolusi dengan mudah tanpa perlu instalasi berbagai driver kartu grafis dan berbagai aplikasi lainnya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

sumber : http://heryantony.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s